3rd: Reaksi Adisi Elektrofilik

PENGERTIAN REAKSI ADISI

· Adisi artinya penambahan atau penangkapan. Dalam reaksi adisi, suatu zat ditambahkan ke dalam senyawa C yang mempunyai ikatan rangkap, sehingga ikatan rangkap itu berubah menjadi ikatan tunggal.

· Reaksi adisi antara lain dapat digunakan untuk membedakan alkana dengan alkena. Reaksi pengenalan ini dilakukan dengan menambahkan bromin (Br2) yang berwarna merah cokelat. Terjadinya reaksi adisi ditandai dengan hilangnya warna merah cokelat dari bromin. Karena alkana tidak memiliki ikatan rangkap (tidak mengalami reaksi adisi) warna merah dari bromin tidak berubah.

· Reaksi adisi merupakan reaksi dimana dua buah molekul bergabung menghasilkan molekul yang lebih besar. Tidak ada yang hilang selama proses berlangsung.  Semua atom dari molekul awal dapat ditemukan pada molekul hasil penggabungan.

· Dalam kimia organik, penggunaan reaksi adisi yang paling umum melibatkan alkena. Alkena adalah molekul yang terdiri dari hidrokarbon (hidrogen + karbon) dan ikatan rangkap. Sebagai alkena memiliki ikatan rangkap, dapatkah Anda menebak jenis senyawa apa itu? Jika Anda hanya berkata, 'senyawa tak jenuh,' Anda benar!

Contoh reaksi adisi adalah reaksi antara etena dengan gas klorin membentuk 1,2-dikloroetana:



JENIS-JENIS REAKSI ADISI

Reaksi  adisi  terjadi  pada  senyawa  tak  jenuh.  Molekul  tak  jenuh  dapat  menerima tambahan atom atau gugus dari suatu pereaksi. Dua contoh pereaksi yang mengadisi pada   ikatan  rangkap  adalah  brom  dan  hidrogen.  Adisi  brom  biasanya  merupakan reaksi cepat, dan sering dipakai sebagai uji kualitatif untuk mengidentifikasi ikatan rangkap  dua  atau  rangkap  tiga.  Reaksi  adisi  secara  umum  dapat  digambarkan sebagai berikut:



Reaksi Adisi Elektrofilik
Reaksi adisi elektrofilik terjadi apabila gugus yang pertama menyerang suatu ikatan rangkap pereaksi elektrofil. Reaksi adisi elektrofilik ditemukan pada senyawa C yang mengandung ikatan rangkap antara dua atom C seperti alkena dan alkuna.

Contoh reaksi adisi elektrofilik adalah reaksi antara etena dengan asam klorida menghasilkan etil-klorida



Reaksi Adisi Nukleofilik
Reaksi adisi nukleofilik terjadi apabila gugus yang pertama kali menyerang suatu ikatan rangkap merupakan pereaksi nukleofil. Reaksi adisi nukleofilik ditemukan pada senyawa C yang mengandung ikatan rangkap antara dua atom C dengan atom lain, seperti senyawa yang mengandung gugus karbonil dan senyawa yang mempunyai gugus sianida.

Contoh reaksi adisi nukleofilik adalaH reaksi antara dimetil-keton dengan asam sianida menghasilkan 2-siano-2-propanol.



APA ITU ELEKTROFIL?

·      Spesies yang kekurangan electron yang dapat membentuk ikatan kovalen dengan cara menerima 2 elektron dari situs yang kaya akan electron
·      Biasanya atom bermuatan positif (kation) atau molekul netral
·    Kekuatan relative elektrofil (elektrofilisitas) dari suatu kation, tergantung pada stabilitas muatan positif.
·      Kekuatan elektrofilik relative dari suatu situs elektrofil dalam \satu molekul netral tergantung pada ukuran muatan positif parsial (δ+).
·   Atom hidrogen atau karbon bersifat sebagai elektrofil jika terikat pada atom elektronegatif; semakin elektronegatif atom tersebut, semakin elektrofilik hidrogen dan karbon.


·    Elektrofil merupakan sesuatu yang tertarik pada elektron, dan karena tertarik oleh daerah negatif, elektrofil harus merupakan sesuatu yang membawa muatan positif penuh atau memiliki sedikit muatan positif disuatu daerah padanya.
·      Eten dan alkena yang lain diserang oleh elektrofil. elektrofilk biasanya ujung yang sedikit lebih positif (+) dari sebuah molekul seperti hidrogen bromida, HBr.
·      Elektrofil tertarik dengan kuat ke elektron yang terekspose pada ikatan pi dan reaksi terjadi karena adanya reaksi inisiasi.

ATURAN REAKSI ADISI

Tiga aturan berikut dapat digunakan saat bekerja dengan reaksi tambahan.
1.  Reaksi tambahan berhubungan dengan senyawa tak jenuh. Senyawa tak jenuh adalah senyawa yang mengandung ikatan rangkap dua atau tiga. Selalu, selalu, ingat bahwa kemungkinan besar Anda akan menghadapi reaksi penambahan saat senyawa awal Anda, atau reaktan, tidak jenuh.
2.  Setelah selesai, penambahan reaksi mengarah ke senyawa tunggal, yang merupakan produk akhir. Apa yang tidak akan Anda temukan adalah sisa makanan atau tas doggy. Dalam kimia, sisa makanan disebut residu. Reaksi tambahan tidak akan memiliki residu reaktan pada sisi produk.
3.  Atom hanya bisa ditambahkan ke molekul saat membentuk produk; tidak ada yang dieliminasi atau dibawa pergi Ingat bahwa reaksi tambahan melibatkan penambahan atom ke senyawa yang mengandung ikatan tunggal atau rangkap. Apapun skenario, menambahkan atom atau menggabungkan reaktan, reaksi tambahan tidak akan melibatkan penghapusan atau penghilangan atom atau molekul.

Sekarang setelah kita mengetahui peraturannya, mari kita lihat contoh reaksi tambahan.

CONTOH REAKSI ADISI ELEKTROFILIK

Tahap reaksi adisi elektrofilik adalah:



Sebagai  contoh  apabila  etena  bereaksi  dengan  HBr  ,  mekanisme  reaksi mengikuti langkah sebagai berikut:



PERMASALAHAN

1.    Mengapa reaksi Adisi hanya terjadi pada senyawa organik tak jenuh?

2.   Apakah benzene dapat mengalami reaksi adisi?

3.    Kenapa elektrofil lebih tertarik dengan kuat ke elektron yang terekspose pada ikatan pi?


You Might Also Like

3 komentar

  1. Jawaban permasalahan no. 1 : Karena  reaksi adisi merupakan reaksi penjenuhan (penghilangan ikatan rangkap). Ikatan rangkap yang terdapat dalam suatu senyawa dapat berupa ikatan C=C, C^C, C=0, atau C=N. 
    Untuk X dan Y dapat sangat bervariasi, sehingga reaksi adisi terhadap senyawa alkena merupakan yang terbanyak jenisnya dibandingkan senyawa hidrokarbon lainnya.

    BalasHapus
  2. Saya akan menjawab no.2
    Dari pengetahuan yang saya ketahui bahwa Ikatan rangkap pada benzena seharusnya mempunyai kecenderungan bereaksi secara adisi. Tapi kenyataannya, banyak benzene terlibat pada reaksi substitusi.Dalam bereaksi, benzena tidak mengalami reaksi adisi karena cincin benzena stabil, hal ini berbeda untuk senyawa-senyawa yang memiliki ikatan rangkap. Misalnya, benzena tidak mengalami reaksi adisi layaknya senyawa alkena dan alkuna. Dan reaksi utama dari benzena adalah reaksi substitusi.

    BalasHapus
  3. Disini saya akan menjawab permasalahan no.3. Menurut saya Ikatan rangkap merupakan dua pasang electron, dimana kedua pasangan elektron tersebut tidaklah sama. Salah satu pasangan elektron berada pada garis antara kedua karbon, namun pasangan lain berada pada orbital molekuler diatas dan dibawah bidang dimana molekul
    berada. Ikatan macam ini dapat disebut juga sebagai ikatan sigma. Pasangan elektron lain
    ditemukan pada daerah yang bewarna merah diatas dan dibawah bidang dimana molekul
    berada. Ikatan macam ini juga disebut ikatan pi.
    Elektron pada ikatan pi bebas untuk bergerak dimanapun pada daerah tersebut. Elektron
    ikatan pi tidak sepenuhnya berada dibawah pengaruh inti atom karbon tidak seperti pada
    ikatan sigma dan karena terletak pada bagian atas dan bawah dari molekul, lebih rentan terhadap serangan.

    BalasHapus