Presentasi 2: Contoh Mekanisme Reaksi E2 Alkil Halida

Contoh Reaksi Eliminasi (E2) pada Alkil Halida

·  Reaksi eliminasi 2-bromo-propana oleh CH3CH2O- menghasilkan produk yaitu 1-propena dan etanol.
·  Reaksi E2 adalah proses satu tahap. Nukleofil bertindak sebagai basa dan mengambil proton (hidrogen) dari atom karbon yang bersebelahan dengan karbon pembawa gugus pergi. Pada waktu yang bersamaan, gugus pergi terlepas dan ikatan rangkap dua (ikatan Ï€) terbentuk.
·  Konfigurasi yang terbaik untuk reaksi E2 adalah konfigurasi dimana hidrogen yang akan ter-eliminasi dalam posisi anti dengan gugus pergi. Alasannya ialah bahwa pada posisi tersebut orbital ikatan C-H dan C-X tersusun sempurna yang memudahkan pertumpangtindihan orbital dalam pembentukan ikatan Ï€ baru.
·   Reaksi E2 alkil halida cenderung dominan bila digunakan basa kuat, seperti –OH dan –OR, dan temperatur tinggi.






Permasalahan

1.   Bagaimana proses pertumpangtindihan orbital dalam membentuk ikatan baru rangkap dua pada reaksi E2?
2.    Selain konsentrasi reaktan, adakah yang mempengaruhi kecepatan laju reaksi E2?
3.    Mengapa reaksi E2 cenderung dominan terjadi bila digunakan basa kuat?




You Might Also Like

3 komentar

  1. Saya akan mencoba menjawab permasalan yang ke-2. Laju suatu reaksi kimia sangat dipengaruhi oleh besarnya konsentrasi reaktan yang digunakan dalam reaksi. Semakin besar konsentrasi reaktan yang digunakan, laju reaksi akan meningkat. Di samping itu, laju reaksi juga dipengaruhi oleh nilai konstanta laju reaksi (k ). Konstanta laju reaksi (k ) adalah perbandingan antara laju reaksi dengan konsentrasi reaktan . Nilai k akan semakin besar jika reaksi berlangsung cepat, walaupun dengan konsentrasi reaktan dalam jumlah kecil. Nilai k
    hanya dapat diperoleh melalui analisis data eksperimen, tidak berdasarkan stoikiometri maupun koefisien reaksi.

    BalasHapus
  2. Saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor 3 yang mana menurut literatur yang saya baca bahwa secara khusus reaksi E2 menggunakan basa kuat untuk menarik Hidrigen asam dengan kuat lalu jika reaksi E2 menggunakan basa lemah maka penarikan Hidrogen asam akan lemah atau tarikannya tidak kuat sehingga Hidrogen asam tidak dapat lepas.

    BalasHapus
  3. saya akan menjawab pertanyaan nomor 1 Reaksi E2 adalah proses satu tahap. Nukleofil bertindak sebagai basa dan mengambil proton(hidrogen) dari atom karbon yang bersebelahan dengan karbon pembawa gugus pergi. Pada waktu yang bersamaan, gugus pergi terlepas dan ikatan rangkap dua terbentuk

    BalasHapus